Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Ruko atau Kontrakan?

Saya sedang bingung, jika punya warisan he.. uangnya mau dipakai untuk investasi membeli ruko atau membuat kontrakan ya, bukan tanpa alasan, jual beli properti adalah investasi terbaik menurut saya. Hari ini saya ingin membahas tentang 2 kemungkinan yang akan Santi ambil “jika” dapat rezeki nomplok Aamiin.

jual beli ruko kontrakan

Untuk mendapatkan banyak keuntungan dari investasi properti, bermodalkan uang saja tidaklah cukup. Kunci utama dari berinvestasi di bidang properti adalah pengetahuan yang mendalam tentang prospek dunia investasi. Belakangan ini, ruko dan kontrakan adalah pilihan yang sangat menjanjikan kalau Anda berminat untuk berinvestasi di bidang properti. Banyak orang yang memilih untuk membeli ruko atau kontrakan dibandingkan dengan membeli apartemen atau properti jenis lainnya, ini karena harga pasarannya terlihat cukup masuk akal, lihat saja halaman daftar ruko dijual ini, bisa lebih dari 1 Milyar untuk satu harga sebuah ruko, wow.

Pertanyaannya sekarang adalah mana yang lebih menguntungkan: investasi ruko atau kontrakan?

Di artikel ini, saya akan memaparkan beberapa keuntungan dan kelebihan dari berinvestasi properti jenis ruko dan kontrakan untuk membantu Anda memutuskan jenis investasi yang lebih menguntungkan bagi Anda.

Kelebihan investasi ruko

Rumah toko atau yang lebih dikenal dengan ruko adalah banungan yang memiliki 2 tingkat atau lebih. Pada umumnya, salah satu lantai atau semua lantai yang ada di ruko digunakan untuk kantor dan lebih umumnya sebagai tempat usaha. Salah satu lantai yang berada di ruko, umumnya lantai paling atas digunakan sebagai tempat tinggal.

  • Harga ruko selalu meningkat terutama ruko yang berada di lokasi strategis.
  • Selain permintaan yang tinggi, investasi ruko bisa lebih cepat untung dibandingkan investasi rumah atau kontrakan karena waktu penyewaan ruko pada umumnya adalah sekitar 2-3 tahun.
  • Bisa disimpulkan kalau berinvestasi ruko memiliki tingkat pengembalian yang lebih besar dibandingkan investasi kontrakan.
  • Alasan tingkat pengembalian yang tinggi inilah yang membuat ruko lebih cepat laris kalau Anda ingin menjualnya kembali.

Kekurangan investasi ruko

Selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan diatas, ada beberapa kekurangan dari berinvestasi properti jenis ruko.

  • Salah satu kekurangan berinvestasi jenis ruko adalah rentan terhadap krisis ekonomi dimana kalau terjadi krisis ekonomi, otomatis permintaan sewa ruko juga akan berkurang.
  • Prospek investasi ruko sangat bergantung dari lokasi dimana ruko itu berada. Ruko yang berada di daerah strategis di kawasan bisnis pasti akan memiliki prospek yang lebih baik dari ruko yang berada di komplek perumahan.

Kelebihan investasi kontrakan

Investasi jenis kontrakan bisa dikatakan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Selain Anda dapat mendapatkan uang ekstra dari menyewakan kontrakan, biaya rumah setiap tahunnya pun akan selalu naik. Kontrakan akan menjadi aset yang sangat berharga karena nilainya dapat meningkat lebih dari 5 kali lipat dalam beberapa tahun.

  • Dengan meningkatnya harga rumah di pasaran, harga sewa kontrakan Anda pun akan juga meningkat. Dari data berbagai sumber yang saya dapatkan, disarankan untuk mematok harga sewa rumah anda lebih dari 5% dari harga rumah Anda kalau dijual. Misalnya rumah Anda bernilai Rp. 800 juta, jadi harga sewa yang pas adalah sekitar 40 juta untuk setiap tahunnya. Seiring dengan kenaikan harga jual rumah Anda setiap tahunnya, harga sewa kontrakan Anda pun akan meningkat setiap tahunnya. Saat ini, diprediksi kalau kenaikan harga rumah setiap tahunnya adalah 10-15%. Angka yang kami paparkan tersebut sangat bergantung dari lokasi kontrakan Anda dan juga kondisi bangunan kontrakan.
  • Salah satu kelebihan kontrakan adalah Anda bisa membebankan biaya perawatan rumah kepada penyewa. Tentunya perawatan rumah yang dimaksud disini adalah perawatan yang ringan seperti tanaman, taman, kebersihan, dan lainnya. Perawatan kecil seperti ini seharusnya menjadi tanggung jawab penyewa rumah. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, lebih baik Anda diskusikan masalah perawatan terlebih dahulu kepada penyewa sebelum kontrakan Anda disewakan. Anda juga bisa memasukkan detail tentang kesepakatan perawatan rumah di kontrak sewa.

Tetapi ingat, kalau Anda ingin mendapatkan untung dari investasi kontrakan, Anda harus cermat dalam memilih lokasi rumah dan tentunya mencari calon penyewa.

Kekurangan investasi kontrakan

Selain kelebihan-kelebihan yang telah dipaparkan diatas, ada beberapa kekurangan dari investasi properti jenis kontrakan. Kekurangan-kekurangan dari investasi properti jenis kontrakan adalah sebagai berikut:

  • Salah satu kekurangan dari investasi kontrakan adalah capital rate yang bisa dibilang relatif rendah (capital rate adalah total penghasilan bersih yang akan Anda terima dari suatu aset). Kenapa bisa dibilang relatif rendah? Karena biaya sewa kontrakan biasanya sudah ditentukan dari awal Anda melakukan perjanjian sewa sehingga tidak akan ada biaya tambahan lain yang akan Anda dapatkan sebagai pemilik dari kontrakan tersebut. Sumber-sumber di luar menyebutkan kalau capital rate kontrakan berkisar antara 3-5%. Kalau dibandingkan dengan ruko, capital rate rumah kontrakan jauh lebih rendah karena ruko biasanya memiliki luas bangunan yang lebih besar dari tanahnya.
  • Jangka waktu sewa dari kontrakan adalah cenderung pendek bila dibandingkan dengan jenis properti lainnya seperti ruko. Rata-rata jangka sewa rumah kontrakan adalah selama satu atau dua tahun. Namun, banyak juga penyewa kontrakan yang berniat untuk memperpanjang durasi waktu kontrak setelah masa kontrak mereka habis. Kalau kita bandingkan dengan ruko, jangka waktu sewa untuk ruko cenderung lebih lama karena umumnya ruko digunakan sebagai tempat usaha.

Kesimpulan

Berinvestasi properti jenis ruko dan kontrakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau menurut pendapat saya, berinvestasi jenis ruko akan lebih menguntungkan karena capital ratenya yang lebih tinggi dan jangka waktu sewa yang lebih lama dibandingkan dengan kontrakan. Tapi pada akhirnya, keputusan untuk berinvestasi ruko atau kontrakan akan bergantung kepada budget dan pilihan Anda pribadi.

Jadi mana pilihan Anda? Saya sih condong ke ruko, lumayan buat belajar jadi pengusaha atau kerennya Entrepreneur, Aamiin.