Berencana Untuk Membeli Rumah? Baca 6 Tips Jitu Untuk Mengumpulkan DP Disini!

Setiap orang, terutama yang sudah berkeluarga, pasti memiliki keinginan untuk membeli rumah. Terkadang, saat Anda sudah menemukan rumah impian Anda, ada satu hal yang mengganjal Anda untuk membeli rumah: uang muka! Jangan tinggalkan impian Anda untuk memiliki rumah karena terbentur dengan uang muka.

menabung untuk dp rumah

Mulailah rajin untuk mengumpulkan uang muka dari sekarang dan berkomitmen penuh untuk membeli rumah. Berikut adalah sembilan cara untuk mengumpulkan DP untuk rumah baru Anda.

  1. Berkomitmen penuh untuk mengumpulkan DP

Dengan mengetahui dengan pasti jumlah nominal DP yang harus Anda bayar, akan lebih memotivasi Anda untuk mencapai target tersebut. Pertama-pertama, ketahui dulu rumah seperti apa yang Anda inginkan dan apakah Anda ingin rumah yang dekat dengan fasilitas publik atau akses jalan besar.

Tapi Anda harus ingat, rumah yang berada di lokasi yang strategis akan lebih mahal dari rumah yang berada di daerah pinggir kota. Semakin mahal harga rumah tersebut, maka akan semakin besar pula biaya DP yang harus Anda keluarkan.

Anda harus benar-benar mempertimbangkan apakah mungkin untuk menabung dalam setahun atau dua tahun untuk mengumpulkan DP tersebut dan apakah Anda mampu untuk membayar cicilan rumahnya.

Ingat, harga rumah naik terus setiap tahunnya! Kalau tidak, sebaiknya Anda memilih rumah yang biayanya lebih murah. Kalau Anda kira target DP anda sudah realistis, saatnya Anda membuat rencana.

  1. Berhemat dan rem pengeluaran Anda

Contohnya kalau harga rumah yang Anda ingin beli bernilai 500 juta, berarti Anda harus menyiapkan 100 juta rupiah untuk uang muka. Untuk menabung 100 juta dalam 2 tahun, berarti Anda perlu menabung 5 juta rupiah per bulannya.

Tentunya 100 juta rupiah bukan jumlah uang yang kecil bukan? Dengan 100 juta, mungkin saja Anda bisa membeli mobil murah yang baru dikeluarkan baru-baru ini.

Tapi, ingat kembali prioritas utama Anda; menabung untuk DP rumah! Rem pengeluaran Anda dan mulai berkomitmen penuh untuk menabung DP rumah. Hindari membeli barang-barang bermerk yang tidak benar-benar Anda perlukan dan berhenti makan di cafe setiap 2 hari sekali.

Prioritaskan pengeluaran Anda untuk kebutuhan pokok yang Anda perlukan dan tabung sisanya.

  1. Lunasi tagihan kartu kredit Anda dulu

Membayar tagihan akan membantu dalam mengumpulkan uang untuk uang muka rumah impian Anda. Bila Anda rutin menggunakan kartu kredit, semakin banyak biaya bungayang Anda bayar berarti lebih banyak uang Anda yang masuk ke perusahaan kartu setiap bulannya.

Simpan uang itu untuk Anda sendiri dengan melunasi tagihan kartu kredit dan berhenti menggunakan kartu kredit!

Gunakan metode ‘avalanche’ yaitu memprioritaskan untuk membayar tagihan dengan tingkat bunga tertinggi terlebh dahulu. Setelah tagihan itu dibayar, ubah fokus Anda ke tingkat tertinggi berikutnya dan seterusnya.

Dengan cara ini, Anda akan terbebas dari jeratan kartu kredit dan selangkah lebih dekat untuk menabung dan mengumpulkan uang muka untuk rumah.

  1. Minta kenaikan gaji ke bos Anda

Kalau Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun di suatu perusahan dan Anda merasa hasil kerja Anda memuaskan, tidak ada salahnya untuk meminta kenaikan gaji atau promosi kepada bos Anda.

Terkadang, bos enggan menaikkan gaji kita sebelum kita mengajukan permintaan naik gaji. Coba buat janji dengan bos dan presentasikan beberapa prestasi yang telah Anda capai selama bekerja di perusahaan tersebut dan paparkan beberapa argumen kenapa Anda layak untuk naik gaji.

  1. Dapatkan pekerjaan kedua/pekerjaan freelance

Bos menolak permintaan Anda untuk kenaikan gaji? Bekerja freelance di luar waktu kerja utama dapat membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Pilihan ini sangat masuk akal bagi mereka yang masih muda dan belum sepenuhnya mapan dalam kehidupan profesional mereka.

Anda dapat mencoba untuk bergabung menjadi driver taksi online setelah jam kerja Anda selesai untuk mengumpulkan uang muka rumah.

  1. Jual barang bekas yang sudah tidak terpakai

Anda mungkin memiliki beberapa perabot bekas yang tidak lagi Anda gunakan atau kamera digital yang tidak lagi Anda pakai? Anda bisa mencoba untuk menjualnya untuk mendapatkan tambahan dana segar untuk uang DP rumah.

Anda bisa menjual barang Anda di situs seperti eBay, prelo, atau situs untuk menjual barang bekas yang Anda punya.

Kesimpulan

Setiap orang berencana dan berkeinginan untuk membeli rumah mereka sendiri. Tapi, harga rumah dan tanah di Indonesia selalu naik setiap tahunnya dan juga mereka harus mengumpulkan DP yang cukup besar untuk membeli rumah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan DP rumah. Cara yang paling utama adalah ketahui target Anda, buat rencana, komitmen, dan memulai menabung. Kami harap tips-tips yang kami paparkan di artikel ini dapat membantu Anda untuk mulai mengumpulkan DP rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *