4 Tips Cara Mencari Penginapan Murah Saat Travelling ke Luar Negeri

Bisa dibilang kalau biaya penginapan atau akomodasi di luar negeri adalah salah satu biaya terbesar yang akan kita keluarkan saat travelling. Contohnya, kalau kamu berencana untuk pergi ke Eropa, kamu harus menganggarkan sekitar 1 juta per hari untuk menginap di hotel yang kualitasnya lumayan disana.

travelling tips

Jadi, mengurangi biaya akomodasi berarti kamu bisa menghemat banyak budget travelling atau malah kamu bisa mengalokasikan budget travelling kamu itu untuk hal lain seperti belanja atau beli oleh-oleh.

Tidak peduli apa selera akomodasi kamu, satu hal yang dimiliki semua orang adalah tidak ada yang mau membayar terlalu mahal untuk penginapan.Kalau kamu seorang backpacker sejati yang travelling dengan budget sangat terbatas, saya yakin kamu akan lebih memilih untuk tidur di tenda kalau itu adalah akomodasi termurah yang bisa kamu temukan!

Sebenarnya, salah satu cara terbaik untuk berlibur dengan murah adalah dengan mengurangi biaya akomodasi. Karena kamu harus tinggal di suatu tempat setiap malam, mengurangi biaya ini dapat menghemat banyak uang dari total biaya perjalanan kamu. Di samping mencari penerbangan murah, mencari penginapan gratis atau murah akan memberi dampak terbesar pada anggaran yang kamu punya.

Di artikel ini, kamu bisa menemukan beberapa tipsuntuk membantu kamu mencari penginapan murah saat travelling ke luar negeri.

  1. Cari promo hotel murah disitus-situs pencari akomodasi

Ada banyak website yang bisa membantu kamu untuk mencari penginapan murah saat travelling ke luar negeri, contohnya Trivago, Agoda juga booking.com. Melalui website-website ini, kamu bisa melihat penawaran atau promo yang mereka tawarkan untuk berbagai hotel dan akomodasi lainnya. Jangan lupa untuk cek beberapa website untuk perbandingan ya, soalnya setiap website belum tentu menawarkan ruangan yang sama dengan harga yang sama.

Pilihan pencarian yang ada di website-website ini memungkinkan kamu buat mencari akomodasi berdasarkan budget yang kamu punya. Kamu juga bisa mencari penginapan di lokasi yang beradadalam jarak tertentu dari pusat kota atau tujuan wisata yang akan kamu kunjungi.

  1. Menyewa apartemen atau kamar lewat Airbnb

Jika kamu berniat untuk tinggal di tempat tujuan untuk jangka waktu lebih lama dari sebulan atau lebih, sebaiknya kamu mencari apartemen yang disewakan begitu kamu sampai di lokasi tujuan. Kenapa? Karena menyewa apartemen akan jauh lebih murah dari menyewa kamar hotel kalau kamu berencana untuk tinggal agak lama di suatu tempat/negara.

Apartemen juga menawarkan lebih banyak kenyamanan karena kamu akan memiliki ruangan khusus untuk kamu pribadi dan rasanya akan seperti menginap di rumah sendiri.

Biasanya lebih baik untuk memesan satu kamar di hostel untuk satu atau dua malam pertama, dan kemudian mencari sewa apartemen setelah kamu sampai di lokasi tujuan. Kadang, kamu bisa menemukan apartemen yang disewakan dengan harga terjangkau melalui situs web seperti Airbnb.

Airbnb memungkinkan orang-orang untuk menemukan rumah, apartemen dan kamar pribadi di seluruh dunia yang tersedia untuk sewa jangka pendek dan menengah.

Kalau kamu berencana untuk sharing tempat tinggal atau tinggal di lokasi yang sama dengan pemiliknya, saya sarankan kamu untuk menggunakan fitur obrolan untuk mengenal si pemilik properti lebih baik. Jangan lupa juga buat membaca ulasan yang diposting oleh orang lain yang pernah tinggal di properti itu.

  1. Cek website review tentang travelling

Di beberapa website review tentang travelling, seperti TripAdvisor, akan ada beberapa tautan di halaman mereka yang memungkinkan kamu untuk menemukan penawaran murah di hotel atau guesthouse tertentu.

Kalau beruntung, kamu bisa menemukan promo hotel murah dan mencari tau pengalaman traveler lain menginap di hotel tersebut. Beberapa tips dari traveler lain yang bisa kamu temukandi website tersebut mungkin juga akan berguna selama kamu menginap.

  1. Mencoba tinggal di hostel

Hostel adalah pilihan yang populer bagi wisatawan yang memiliki anggaran terbatas. Dengan tinggal di hostel, kamu akan tinggal di kamar dengan beberapa wisatawan lain dan sharing kamar mandi bersama oleh banyak orang. Hal inilah yang membuat biaya menginap di hostel jauh lebih murah daripada di hotel.

Kamar-kamar di hostel rata-rata bisa menampung 4-10 orang, sering dilengkapi dengan tempat tidur susun. Loker pribadi tersedia untuk mengamankan barang-barang yang kamu punya. Sarapan yang disediakan juga kadang roti dan sereal, jangan harap kamu bisa menemukan sarapan buffet yang sering disediakan sama hotel berbintang.

Selain murah, hostel memberikan suasana yang sangat sosial bagi sesama traveler untuk berinteraksi satu sama lain. Dapur dan ruang tamu komunal membantu memfasilitasi hal ini. Kalau kamu merasa kurang nyaman untuk sharing kamar dengan banyak orang, ada banyak hostel yang memiliki beberapa kamar pribadi bagi mereka yang menginginkan privasi lebih.

Tips menginap di hostel:

  • Hindari hostel yang tidak menyediakan loker untuk barang berharga yang kamu bawa.
  • Penyumbat telinga & masker mata akan membantu kamu mengatasi kebisingan dan cahaya malam.
  • Kamu bisa mencoba cek hostelBookers & Booking.com untuk menemukan hostel.

Nah, jadi sekarang kamu lebih memilih untuk tinggal dimana? Saya harap 4 tips cara mencari penginapan murah saat travelling ke luar negeri yang baru saya ulas di artikel ini akan bermanfaat bagi rencana perjalanan kamu selanjutnya! Selamat travelling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *