11 Tips Untuk Menjaga Meja Kerja Selalu Rapih dan Nyaman

Hai hai, artikel kali ini karena Santi sudah memulai dunia kerja, mari kita bahas tentang meja kerja dimana kita akan berada disana setiap hari.

meja kerja bersih rapi

Apakah meja kamu berantakan? Jangan biarkan tempat kerjamu yang berantakan menghalangi kemampuan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan. Menjaga meja kerja agar selalu rapih dan nyaman sama pentingnya dengan menjaga produktivitas kerja.

Kerapihan meja kerja sangat mempengaruhi perilaku, mood, dan keadaan pikiran, jadi jika kamu ingin merasa siap untuk menghadapi hari, kamu perlu menjaga area meja kamu sendiri agar tetap rapih dan nyaman.

Delapan tips dalam daftar ini berasal dari kebiasaan saya sendiri, juga beberapa rekan kerja saya, termasuk seorang manajer dan CEO dari sebuah perusahaan terkemuka di Jakarta.

Saran-saran yang ada di artikel ini sangat mudah untuk diterapkan, dan kebanyakan tidak mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang. Kamu mungkin sudah memiliki beberapa perlengkapan yang disarankan di artikel ini, kalau tidak,sisanya dapat kamutemukan di sebagian besar toko perlengkapan kantor.

  1. Tempelkan velcro ke keyboard saat tidak digunakan

Pasang velcro di bagian belakang keyboard dan mouse saat tidak digunakan. Saya sarankan untuk memasang sisi lembut velcro pada sisi keyboard yang dekat dengan ujung yang terangkat. Jangan terlalu banyak menggunakan velcro di meja karena bisa merusak cat meja atau keyboard.

  1. Simpan usb dan klip kertas di kotak bekas

Kalau kamu sering menyimpan kaleng atau kardus bekas di rumah, saatnya kamu memakai kaleng bekas yang kamu simpan untuk menjaga meja kerja kamu tetap rapi! Kamu bisa menggunakan kaleng bekas untuk menyimpan USB, klip kertas, dan alat tulis dan menjaga meja kerja kamu tampak rapih.

  1. Siapkan folder atau kotak untuk merapikan kertas dan surat

Semua orang yang bekerja di kantorpunya banyak sekali kertas dan surat, tapi banyak orang tidak memiliki folder khusus untuk merapikan surat atau tumpukan kertas mereka.

Jangan jadi seperti kebanyakan orang!Kamu perlu satu folder khususuntuk menyimpan dokumen-dokume yang kamu punya. Jangan sampai kamu kehilangan dokumen penting atau tidak sengaja membuang dokumen penting karena meja kamu yang berantakan.

  1. Letakkan tempat sampah di dekat meja

Kalau kamu harus bangun dan berjalan dari meja kerja untuk membuang, maka kamu meletakkan tempat sampah kamu terlalu jauh. Pastikan kamu dapat dengan mudah dan cepat mencapai tempat sampah dari kursi dan meja.

  1. Gunakan label berwarna

Pilihlah label dan sistem warna yang tepat untuk tempat kerjamu. Luangkan waktu untuk memberi label pada rak, folder, tempat sampah dan laci. Proses pelabelan ini membantu kamu menempatkan barang di tempat yang benar dan mengurangi risiko kehilangan dokumen penting.

  1. Buang perlengkapan atau alat kantor yang sudah tidak kamu perlukan

Yakin kalau kamu memerlukan semua pernak-pernik dan aksesori kantor yang diletakkan di atas meja kerja kamu sendiri? Kecuali mereka sangat penting dan berguna, buang mereka dari permukaan meja kerja.

  1. Buat reminder yang menginspirasi

Agar tetap terinspirasi dan termotivasi untuk bekerja, kamu memerlukan reminder/pengingat di sekitar ruang kerja kamu. Pertimbangkan untuk memasang dinding atau area inspirasional untuk mengingatkan kamu akan tujuan dan impian kamu sendiri.

Sangat mudah untuk kehilangan motivasi dan terganggu oleh banyak pekerjaan yang terus-menerus menumpuk. Namun, ada cara untuk tetap termotivasi meski kamu merasa tidak ingin bekerja. Reminder yang menginspirasi di kantor kamu bahkan bisa dibuat dengan beberapa hiasan dan bingkai kertas DIY dengan gambar yang mengingatkan kamu pada tujuan akhir kamu sendiri.

  1. Jadwalkan Waktu Pembersihan Reguler

Kalau kamu belum membersihkan meja kerja kamu dalam sebulan, kamu perlu menyempatkan beberapa jam untuk membereskannya. Tapi, kalau kamu melakukannya setiap hari, seharusnya kamu hanya butuh beberapa saat untuk merapikan meja kerja kamu. Untuk menghemat waktu, sempatkan setengah jam sehari sebelum pulang kantor untuk merapikan meja kerja.

  1. Jangan sembunyikan sampah di laci meja

Entah itu selembar kertas atau bungkus makanan, jangan sekali-kali meletakkan sampah di laci meja. Biasakan memegangnya di tangan sampai kamu bisa mencapai tempat sampah Anda (lihat tips nomor 4).

Kamu tidak ingin menaruh sampah di laci meja kerja dan lupa untuk membersihkannya kan? Selain itu, kalau kamu menyimpan sisa makanan manis di laci meja, meja kerja kamu bisa dikerubungi oleh semut!

  1. Ambil foto barang daripada meletakkannya di meja

Apakah kamu memiliki barang di meja kerja yang tujuannya hanya untuk referensi? Baterai atau tinta print yang perlu diganti? Atau kliping atau artikel? Alih-alih meninggalkan barang-barang ini di meja kerja kamu, ambil gambar dengan smartphone yang kamu punya.

  1. Manfaatkan scanner di kantor!

Apakah harga scannersepadan dengan fungsinya? Jawabannya, iya! Bebaskan meja kerja kamu dari tumpukan kertas dan jalankan gaya hidup paper-less dengan memindai dokumen-dokumen yang kamu punya ke dalam soft copy atau PDF.

Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *